Sukses

Martti Ahtisaari Memuji Kesungguhan Indonesia

Mantan Presiden Finlandia Martti Ahtisaari memuji kesungguhan pemerintah Indonesia dan Gerakan Aceh Merdeka dalam melaksanakan kesepakatan damai yang mengakhiri pertikaian bersenjata di Aceh.

Liputan6.com, Helsinki: Mantan Presiden Finlandia Martti Ahtisaari memuji kesungguhan pemerintah Indonesia dan Gerakan Aceh Merdeka dalam melaksanakan butir-butir kesepakatan damai sejak penandatanganan Perjanjian Helsinki, pertengahan Agustus 2005. Apalagi, pelaksanaan kesepakatan damai itu berlangsung lebih baik dari yang diharapkan. Demikian dikemukakan Ahtisaari di Helsinki, Finlandia, belum lama ini.

Sementara ketua delegasi GAM dalam perundingan damai Malik Mahmud mengatakan pertemuan Sabtu kemarin berlangsung akrab sembari menambahkan selama ini pemerintah, GAM, dan tim pemantau Misi Pemantauan Aceh (AMM) telah bekerja sama dengan baik dalam upaya menciptakan perdamaian di Aceh.

Pendapat serupa juga diungkapkan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Menurut Kalla penerapan fase pertama kesepakatan damai telah terlaksana dengan baik, tanpa kendala berarti. Ini termasuk dalam kesepakatan fase pertama adalah penyerahan dan pemusnahan senjata milik GAM dan penarikan pasukan nonorganik TNI dan Polri. Kini, kedua pihak siap melanjutkan dengan fase kedua, antara lain pelaksanaan pemilihan umum daerah di Aceh yang dijadwalkan pada Juni mendatang.(ORS/Wir)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini