Sukses

Serunya Penurunan Bendera di Perbatasan India-Pakistan

Menjelang petang, masyarakat di wilayah perbatasan India dan Pakistan menyaksikan upacara penutupan pintu perbatasan dan penurunan bendera. Upacara heroik ini juga menjadi obyek pariwisata.

Liputan6.com, Kashmir: Konflik di perbatasan India dan Pakistan tidak melulu ramai oleh desingan peluru. Upacara penurunan bendera sekaligus penutupan perbatasan setiap menjelang petang juga ajang pamer kekuatan. Upacara ini disaksikan oleh penduduk masing-masing negara, termasuk para pelajar.

Batas kedua negara dipisahkan oleh dua buah pintu masuk. Dengan iringan musik pembangkit semangat dan lagu kebangsaan kedua negara, warga menyambut dengan heroik setiap bagian upacara. Pasukan India mengenakan baju seragam hijau dan Pakistan mengenakan seragam berwarna cokelat muda. Puncak ritual adalah saat bendera kedua negara diturunkan secara bersamaan.

Meski sekadar atraksi, upacara penurunan bendera ini menjadi bagian dari wujud rivalitas kedua negara yang bermusuhan puluhan tahun. Namun, selain sebagai bagian dari upaya membangkitkan nasionalisme, upacara juga menjadi ajang pariwisata setempat.(TNA/Nurul Amin dan Teguh Rahardjo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini