Sukses

Otak Pelaku Bom Karachi Ditangkap

Polisi Pakistan menangkap Mufti Muhammad Sabir yang sudah lama menjadi buronan polisi dalam kasus serangan bom di Hotel Sheraton, Karachi, tiga tahun silam. Ledakan menewaskan 11 warga Prancis.

Liputan6.com, Karachi: Seorang pria yang diidentifikasi sebagai Mufti Muhammad Sabir ditangkap polisi di dekat sebuah terminal bus di Karachi, Pakistan, Kamis (8/9). Buronan kasus serangan bom 2002 ini dicokok beberapa saat setelah tiba dari Rawalpindi, Pakistan.

Mulanya, Sabir sempat mencoba kabur dan melepaskan tembakan ke arah polisi. Namun, upayanya bisa digagalkan polisi. Saat diperiksa, dari dalam tas yang diduga dibawanya, polisi menyita bahan peledak, beberapa magasin senapan AK-47, dan dua selongsong roket.

Sabir diyakini sebagai ahli pembuat bom. Dia diduga memasang bom pada sebuah mobil yang meledak di depan Hotel Sheraton, Karachi, pada 8 Mei 2002 silam. Akibat serangan bom itu, 11 warga Prancis tewas dan empat korban terluka [baca: Dua Bom Mobil Meledak di Karachi].

Satu bulan kemudian, sebuah serangan bom bunuh diri juga terjadi di luar kantor Konsulat Amerika Serikat di Karachi yang menewaskan 14 orang. Pengadilan Karachi telah menjatuhkan vonis mati terhadap tiga terdakwa dalam kasus pengeboman di Hotel Sheraton.(IAN/Rcm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini