Sukses

Taiwan Merayakan Hari Kemerdekaan

Tanggal 8 September dianggap sebagai hari ulang tahun kemerdekaan Taiwan dari pendudukan Jepang. Ribuan warga Taiwan berkumpul di Kota Taipei untuk berdoa bersama dan menyaksikan pengibaran bendera.

Liputan6.com, Taipei: Bendera kemerdekaan Taiwan dikibarkan di Kota Taipei, Kamis (8/9). Tanggal 8 September selama ini dianggap sebagai hari ulang tahun kemerdekaan Taiwan dari pendudukan Jepang. Pengibaran bendera dilaksanakan di ruas jalan besar, beberapa meter dari halaman Kantor Kepresidenan Taiwan.

Sekitar seribu orang berdoa bersama, menyanyi sambil membawa bendera-bendera kecil di sekeliling sebuah tiang yang dipasangi bendera besar. Bendera berwarna biru-putih-hijau ini berlambang matahari merah di tengah, dengan tulisan aksara Cina yang berarti "Bangsa Taiwan".

Lambang itu jelas berbeda dengan bendera nasional yang selama ini resmi dipakai pemerintah Taipei. Yakni, berwarna dasar merah dan empat persegi panjang biru di sudut kiri atas dengan matahari putih.

Adapun para aktivis memilih tanggal 8 September karena bertepatan dengan pengesahan Traktat San Fransisco 1951, yang menyatakan Jepang melepaskan klaim teritorialnya atas Taiwan. Namun begitu, warga Taipei pada umumnya menyatakan pengibaran bendera ini sekaligus sebagai tanda kemerdekaan Taiwan dari Republik Rakyat Cina. Paling tidak, itu harapan yang tergambar dari mereka yang hadir saat pengibaran bendera hari ini.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.