Sukses

Lima Negara Eropa Turun Tangan Mengatasi Kebakaran

Datangnya bantuan dari luar guna mengatasi kebakaran di Portugal, masih belum bisa memadamkan seluruh titik api. Bahkan, pengungsian penduduk dari lokasi rawan kebakaran masih terus berlangsung.

Liputan6.com, Coimbra: Permintaan Portugal kepada negara-negara Uni Eropa pada Ahad silam, untuk membantu proses pemadaman kebakaran hutan di wilayahnya, mendapat tanggapan positif. Lima negara Eropa, yaitu Prancis, Spanyol, Jerman, Italia dan Belanda telah mengirimkan bantuannya. Bantuan itu antara lain berupa pesawat penyemprot air.

Kendati demikian, kebakaran masih belum dapat seluruhnya dipadamkan. Sebanyak tujuh titik api memang telah berhasil dijinakkan pada Rabu (24/8) pagi, tapi lima titik api lainnya masih terus membakar lahan. Wilayah Miranda do Corvo, dekat Kota Coimbra, misalnya, mengalami kerusakan terparah. Sedangkan empat titik api lainnya menghanguskan Distrik Viseu dan Viana do Castelo.

Selain 2.300 petugas pemadam kebakaran, 400 mobil pemadam serta 11 pesawat pengangkut air yang telah dikerahkan, sekitar 600 personel tentara juga diterjunkan. Namun kebakaran masih terus mengancam hingga Selasa malam, yang membuat sekitar 50 penduduk lagi diungsikan. Awal pekan ini, 60 penduduk desa di sekitar hutan telah lebih dulu dievakuasi. Hingga hari keempat, musibah ini telah menewaskan 14 orang, menghancurkan puluhan rumah serta merusakkan ratusan lahan pertanian dan peternakan [baca: Kebakaran Hutan di Portugal Meluas].(ADO/Idr)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini