Sukses

Kebakaran Hutan Portugal Meminta Tumbal

Seorang pemadam kebakaran di Portugal tewas saat memadamkan kebakaran hutan yang berkobar sejak beberapa hari terakhir. Penduduk telah diperintah mengungsi karena suhu udara akan melampaui 40 derajat celcius.

Liputan6.com, Penalva do Castelo: Kebakaran yang melanda Portugal sejak Jumat silam telah menelan korban jiwa. Seorang pemadam kebakaran tewas saat mencoba memadamkan kebakaran di hutan daerah Casavieja, Portugal, Ahad (7/8). Pemerintah setempat telah mengeluarkan perintah evakuasi bagi penduduk yang bermukim di dekat kawasan yang terbakar.

Berdasarkan keterangan pemerintah Portugal, kebakaran telah menghanguskan sedikitnya 68 ribu hektare hutan pada tahun ini. Sebagian besar kebakaran terjadi di wilayah utara Portugal. Sekitar seribu petugas pemadam kebakaran telah dikerahkan untuk memadamkan kobaran api yang masih terdapat di tujuh titik. Tujuh helikopter dan empat pesawat pengangkut air juga telah diturunkan untuk memadamkan kebakaran yang disebut-sebut sebagai yang terburuk sejak 1945.

Di Kota Arruelas, petugas telah mengerahkan 34 unit mobil pemadam kebakaran. Sementara tiupan angin kencang dan suhu yang panas telah memicu kebakaran hutan di daerah Leon. Suhu udara di sekitar lokasi kebakaran diperkirakan meningkat hingga melampaui 40 derajat celsius [baca: Kebakaran Hebat Melanda Portugal].(YAN/Ijx)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.