Sukses

Bir Rasa Kacang Polong Digemari di Jepang

Bir baru yang terbuat dari sari kacang polong kering mulai mendapat tempat di sebagian warga Jepang. Bir berlabel Draft One buatan Sapporo Breweries ini tidak beralkohol seperti bir yang terbuat dari gandum.

Liputan6.com, Tokyo: Sebuah bir baru yang terbuat dari sari kacang polong kering mulai mendapat tempat di sebagian warga Jepang, belakangan ini. Bir berlabel Draft One ini memang cukup unik karena bukan minuman keras yang biasa ditemui di pasaran. Seperti bir-bir berkadar alkohol karena terbuat dari peragian gandum dan telah menjadi bagian dari keseharian warga Jepang.

Bir rasa sari kacang polong ini hanya dapat dibeli di Jepang. Ditinjau dari sudut kesehatan, bir baru ini jauh lebih baik ketimbang yang terbuat dari gandum. Namun, alasan utama pabrik Sapporo Breweries memilih kacang polong dalam rasanya itu, semata-mata untuk mengurangi pajak yang harus dibayarnya. Sebab, pemerintah Jepang mengenakan pajak lebih tinggi pada bir yang terbuat dari gandum.

Sekaleng bir kacang polong ini dijual lebih murah 50 persen dari bir biasa di pasaran. Keuntungan lainnya, aromanya pun tidak jauh berbeda dengan bir dari gandum. Ini membuat para penikmat minuman keras ini beralih ke bir jenis baru tersebut.

Saat ini, bir buatan Sapporo Breweries itu telah menguasai sekitar lima persen pangsa pasar di Negeri Sakura. Namun, melihat animo masyarakat Jepang, manajemen pabrik tersebut memperkirakan dapat memenuhi sekitar 15 persen kebutuhan pasar.(ZIZ/Yes)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.