Sukses

Peringatan 200 Tahun Perang Trafalgar

Sebanyak 17 kapal perang dari lima negara akan berpartisipasi dalam peringatan Perang Trafalgar. Acara yang digelar selama empat hari ini akan dihadiri para kepala staf angkatan laut dari 57 negara.

Liputan6.com, Portsmouth: Peringatan 200 tahun Perang Trafalgar akan digelar di lepas Pantai Southsea, Hampshire, Inggris, Selasa (28/6). Sebanyak 17 kapal perang dari lima negara ambil bagian dalam peringatan ini. Sebanyak 58 kapal dari 35 negara juga bakal unjuk kekuatan.

Prancis mengirimkan sejumlah kapal perangnya termasuk Kapal Charles de Gaulle, kapal perang terbesar di Eropa. Peringatan Perang Trafalgar ini rencananya akan dihadiri para kepala staf angkatan laut dari 57 negara.

Sekitar 250 ribu penonton dan ratusan tamu undangan diperkirakan memadati perayaan yang digelar selama empat hari ini. Para keturunan dari 200 perwira dan pelaut yang terlibat Perang Trafalgar juga hadir. Mereka telah berkumpul di Portsmouth.

Sekitar seribu wartawan dipastikan meliput ajang perang tiruan yang disiarkan ke seluruh dunia ini. Perang Trafalgar terjadi pada 21 Oktober 1805. Perang ini adalah puncak ketegangan antara Inggris dengan armada laut Prancis dan Spanyol.

Armada Prancis dan Spanyol yang sehari sebelumnya membuang sauh di Cadiz, Spanyol bertemu armada Negara Ratu Elizabeth II di Selat Inggris. Pasukan laut Inggris menuai kemenangan. Sementara sejumlah kapal Prancis dan Spanyol meninggalkan lokasi.

Pihak penyelenggara memutuskan untuk tidak berencana membuat peringatan Perang Trafalgar sepersis aslinya. Ini dimaksudkan untuk menghindari terungkitnya luka lama di pihak Prancis dan Negeri Matador.(JUM/Idr)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini