Sukses

Kerajaan Belanda Mengumumkan Pertunangan Willem-Maxima

Setelah menjadi bahan perdebatan berkepanjangan, hubungan Pangeran Willem Alexander dan Maxima Zorreguieta ditutup dengan pertunangan. Ratu Beatrix mengumumkannya kepada publik Belanda.

Liputan6.com, Amsterdam: Masa lajang Pangeran Willem Alexander bakal segera berakhir. Ratu Beatrix telah mengumumkan pertunangan putra mahkota kerajaan Belanda ini dengan gadis Argentina bernama Maxima Zorreguieta, Jumat (30/3) malam. Hadir menemani sang Ratu, suaminya, Pangeran Claus, termasuk pula kedua calon mempelai.

Pengumuman yang dipancarluaskan ke seluruh Negeri Kincir Angin itu mengakhiri polemik berkepanjangan di kalangan publik setempat, menyangkut latar belakang keluarga calon mempelai wanita. Maxima, berusia 30 tahun, adalah putri Jorge Horacio Zorreguieta, mantan Menteri Pertanian Argentina di era pemerintahan Presiden Jorge Videla.

Periode pemerintahan Videla, antara 1976 sampai 1983, dikenang rakyat Argentina sebagai masa kekuasaan diktator. Latar belakang politik inilah yang menjadi ganjalan bagi sebagian publik Belanda, sehingga isu kedekatan pangeran berusia 33 tahun dengan Maxima sempat menjadi perdebatan sengit dan luas di kalangan masyarakat setempat.

Pertama kali, masyarakat Belanda mengetahui kedekatan Pangeran Alexander dengan Maxima pada September 1999. Sejak saat itulah keduanya menyatakan secara terbuka rencana untuk membentuk mahligai rumah tangga. Kini, masyarakat di sana akhirnya menerima dengan senang hati pasangan baru kerajaan itu. Ini ditunjukkan dengan sambutan spontan kepada kedua mempelai seusai pengumuman pertunangan.(RSB/Jsi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini