Sukses

AS Menutup Kedubes di Lagos

Sebuah ancaman serangan lewat telepon memaksa AS menutup kantor perwakilannya di Lagos, Nigeria. Sejauh ini, tak ditemukan bukti kuat yang menunjukkan Nigeria menjadi target serangan para teroris.

Liputan6.com, Lagos: Amerika Serikat menutup kantor kedutaan besarnya di Lagos, Nigeria, Jumat (17/6). Langkah ini diambil menyusul ancaman serangan yang disampaikan melalui telepon. Dalam sebuah pernyataan resmi, Kedutaan Besar AS menyebutkan, penutupan itu berlaku mulai Kamis sore hingga Jumat. Tindakan serupa kemudian diikuti Kedubes Italia, Jerman, Inggris, dan Rusia.

Pemerintah Nigeria langsung melakukan koordinasi pengamanan dan penyelidikan atas ancaman serangan teroris. Aparat keamanan--termasuk regu penjinak bom--disiagakan di lokasi kantor perwakilan asing. Juru Bicara Kepresidenan Nigeria Femi Fani Kayode mengatakan, sejauh ini, tak ditemukan bukti kuat yang menunjukkan Nigeria menjadi target serangan para teroris.

Kondisi keamanan Nigeria memang tidak terlalu baik. Sejak Presiden Olusegun Obasanjo memimpin pada 1999, Nigeria kerap dilanda aksi kekerasan dengan latar belakang politis, etnis, dan agama [baca: Nigeria Rusuh]. Namun negara itu belum pernah dilanda teror bom.(MAK/Uri)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini