Sukses

Warga Lebanon Memadati Tempat Pemungutan Suara

Warga Lebanon memadati sejumlah tempat pemungutan suara untuk menggunakan hak pilihnya dalam pemilu legislatif putaran ketiga. Pelaksanaan pemilu secara umum berlangsung aman.

Liputan6.com, Beirut: Warga Lebanon, Ahad (12/6), memadati sejumlah tempat pemungutan suara untuk memberikan suaranya dalam pemilihan umum legislatif putaran ketiga di negara itu. Misalnya di Kota Bukit Lebanon dan Lembah Bekaa
[baca: Rakyat Lebanon Besok Mengikuti Pemilu].

Pemilu putaran ketiga di Lebanon ini akan menentukan komposisi hampir setengah dari anggota parlemen negeri itu. Ada sekitar 1,2 juta pemilih terdaftar dan 100 kandidat bertarung untuk puluhan kursi di wilayah Kota Bukit Lebanon. Di Lembah Bekaa, 119 kandidat memperebutkan 23 kursi. Meski sempat diwarnai ketegangan antarpendukung, secara umum pemungutan suara berjalan lancar. Di beberapa wilayah, pemungutan suara yang dijadwalkan berlangsung selama 11 jam itu sudah melampaui 50 persen dari jumlah pemilih terdaftar.

Hasil resmi pemungutan suara diperkirakan baru akan selesai paling cepat Senin siang ini. Dalam dua putaran pertama di Beirut dan di wilayah selatan Lebanon, perolehan kursi antara kubu oposisi dan kubu pro-Suriah cenderung berimbang. Pihak oposisi harus memperoleh suara sekurangnya 45 kursi untuk mengamankan jumlah mayoritas dari 128 anggota di parlemen. Tapi pemilu yang baru berakhir 19 Juni mendatang ini masih sulit diprediksi siapa pemenangnya.(MAK/Indrasto Indrajaya)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini