Sukses

Relawan Italia Dibebaskan Kelompok Bersenjata Afghanistan

Setelah ditawan selama tiga pekan, relawan asal Italia yang diculik kelompok bersenjata Afghanistan dibebaskan. Saat ini Clementina Cantoni di bawah perlindungan Kementerian Dalam Negeri Afghanistan.

Liputan6.com, Kabul: Clementina Cantoni, relawan wanita Care International asal Italia yang diculik kelompok bersenjata Afghanistan dibebaskan. Perempuan yang ditawan selama tiga pekan ini bahkan sudah berbicara dengan ibunya melalui telepon. Saat ini Cantoni di bawah perlindungan Kementerian Dalam Negeri Afghanistan. Demikian diungkapkan Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan Lutfullah Mashal di Kabul, Kamis (9/6).

Cantoni diculik sekelompok pria bersenjata saat diantar ke rumahnya di Kabul, 16 Mei silam. Stasiun televisi Afghanistan, Tolo TV, menyiarkan sebuah rekaman video yang menunjukkan Cantoni berada di bawah todongan senjata para penculiknya. Pada kesempatan itu, para penculik juga mengajukan sejumlah tuntutan untuk pembebasan Cantoni.

Menanggapi hal itu, pemerintah Italia menegaskan rekaman tersebut adalah bukti kuat bahwa Cantoni masih hidup. Mereka juga mengatakan berupaya membebaskan wanita itu dan membawanya pulang ke Italia [baca: Sandera asal Italia di Afghanistan Masih Hidup].(DNP/Uri)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.