Sukses

Jerman Meresmikan Monumen Holocaust

Akhirnya Monumen Holocaust diresmikan di Berlin, Jerman. Pembangunan monumen untuk mengenang enam juta warga Yahudi korban kekejian rezim Nazi ini sekaligus untuk memperingati sisi gelap bangsa Jerman.

Liputan6.com, Berlin: Monumen Holocaust diresmikan di Berlin, Jerman, Selasa (10/5). Monumen ini dibangun untuk mengenang enam juta warga Yahudi yang menjadi korban kekejaman rezim Nazi. Jutaan warga Yahudi ini tewas akibat kelaparan, dimasukkan ke ruang gas beracun, dipekerjakan hingga mati, dan dijadikan bahan percobaan medis.

Dalam sambutannya, Ketua Parlemen Wolfgang Thierse mengatakan, monumen ini didirikan untuk mengingat kekejaman Nazi yang juga menjadi sisi gelap bangsa Jerman. Peresmian dihadiri Kanselir Gerhard Schroeder, dan pemimpin agama Yahudi.

Peresmian Monumen Holocaust ini sekaligus mengakhiri penantian lama sejak diusulkan pada 1988. Pembangunan monumen ini baru mendapat dukungan politisi Jerman di pengujung 1990 setelah perdebatan panjang tentang cara Jerman mengenang korban Holocaust. Monumen dibangun berdekatan dengan lokasi bungker milik pimpinan Nazi, Adolf Hitler, serta tak jauh dari gerbang Brandenburg.(TNA/Ijx)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.