Sukses

Kemeriahan <i>Cinco de Mayo</i>

Sejumlah rakyat Meksiko tumpah ruah ke jalan untuk merayakan kemenangan tentara Meksiko atas pasukan Prancis pada 143 tahun silam. Tak hanya parade seragam tentara Meksiko atau Prancis, mereka juga menyalakan meriam.

Liputan6.com, Mexico City: Sejumlah rakyat Meksiko dari berbagai usia ikut serta dalam perayaan Cinco de Mayo di Mexico City, Meksiko, Kamis (5/5). Selain parade, mereka juga menggelar upacara militer dalam perayaan memperingati kemenangan pasukan Meksiko atas tentara Prancis di Kota Puebla pada 1862.

Biasanya tepat 5 Mei adalah hari libur nasional Meksiko untuk memperingati kemenangan pasukan Meksiko atas tentara Prancis 143 tahun silam. Peringatan ini dilakukan warga kota dengan beramai-ramai menggelar parade dan reka ulang pertempuran bersejarah ini. Selain mengenakan kostum tentara Meksiko dan Prancis, warga juga meledakkan meriam kecil serta menembakkan senapan angin. Sementara tarian dan musik khas Meksiko mengentak sepanjang hari.

Sedikit berbeda dengan warga Mexico City, anggota militer Meksiko memperingati Cinco de Mayo dengan upacara militer di Kota Puebla. Upacara militer yang dihadiri Presiden Vicente Fox digelar di Cerro de las Campanas, tempat berdiri monumen para tentara Meksiko yang gugur dalam perang itu.(YAN/Yes)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini