Sukses

Puncak Peringatan 30 Tahun Perang Vietnam Meriah

Pertunjukan kembang api mengawali peringatan resmi 30 tahun berakhirnya Perang Vietnam. Warga sukacita mengenang dan merayakan kemenangan para pejuang mereka dalam perang melawan tentara Amerika Serikat.

Liputan6.com, Ho Chi Minh: Ratusan ribu ledakan fireworks (kembang api) warna-warni menghiasi suasana malam di Ho Chi Minh, Vietnam, Jumat (29/4). Pertunjukan kembang api menerangi langit ibu kota Vietnam itu disaksikan puluhan ribu warga setempat yang sedang memperingati 30 tahun berakhirnya Perang Vietnam. Perayaan juga berlangsung di Kota Hanoi, tempat Dewan Nasional Vietnam berada.

Perang Vietnam berakhir setelah kendaraan tank pasukan komunis Vietnam memasuki Kota Ho Chi Minh yang dulu disebut Saigon, 30 April 1975. Perang yang berlangsung sejak 1963 itu telah menyebabkan tiga juta jiwa warga Vietnam dan 58 ribu jiwa warga Amerika Serikat melayang. Jatuhnya Saigon juga sekaligus mengakhiri keterlibatan militer AS di salah satu negara di Asia Tenggara itu.

Meski, kini, kebanyakan warga Vietnam lahir setelah perang berlalu, perayaan itu masih menjadi momen kebanggaan warga di sana [baca: Kota Ho Chi Minh Berbenah]. Warga senang mengenang dan merayakan kemenangan para pejuang mereka dalam perang melawan tentara Negeri Paman Sam.(DEN/Uri)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini