Sukses

Kuda Hasil Kloning di Amerika Utara Diumumkan

Kuda ini adalah hasil kloning sekelompok peneliti Prancis dan Amerika Serikat. Universitas A&M Texas yakin kuda tersebut adalah kuda pertama hasil kloning yang sukses di Amerika belahan utara.

Liputan6.com, Texas: Sekelompok peneliti Prancis dan Amerika Serikat telah berhasil melakukan kloning terhadap seekor kuda. Kuda yang lahir pada 13 Maret silam diberi nama Paris Texas sesuai nama kota negara asal para peneliti. Baru-baru ini, kuda itu diperlihatkan kepada publik di Texas, Amerika Serikat.

Universitas A&M Texas yakin kuda ini adalah kuda pertama hasil kloning yang sukses di Benua Amerika belahan utara. Sebelumnya, kloning kuda sudah berulang kali dicoba di Italia. Kepala Bagian Laboratorium Embrio Kuda Universitas A&M Katrin Hinrichs menggambarkan kuda berwarna kulit cokelat muda ini sebagai binatang aktif dan pemberani.

Paris Texas berasal dari sel-sel kulit seekor kuda dewasa Eropa. Setelah melalui 400 kali uji coba dan proses dihasilkan enam embrio. Namun hanya satu embrio yang bertahan dan dikembangkan selama 12 bulan di dalam rahim seekor kuda induk. Masa ini lebih lama satu bulan daripada masa tumbuhnya kuda normal di dalam kandungan.

Cryozootech, mitra peneliti Universitas A&M di Paris adalah lembaga yang mengkhususkan diri pada pelestarian gen kuda-kuda yang berkualitas istimewa untuk digunakan memproduksi keturunannya melalui kloning. Namun sampai sekarang belum ada jaminan, Paris Texas akan tumbuh menjadi persis sama dengan kuda donor.

Pada pertengahan April silam, Profesor Cesare Galli mengklaim berhasil mengkloning seekor kuda balap di laboratorium miliknya di Cremona, Italia. Kuda yang diberi nama Pieraz-Cryozootech itu terlahir lewat 226 kali percobaan [baca: Kuda Balap Kloning Lahir di Italia].(AWD/Nlg)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.